Selasa, 15 Mei 2012

10 Mall Terbesar di Dunia


Delapan dari sepuluh mall terbesar di dunia terletak di Asia

Pusat perbelanjaan besar memberikan one-stop shopping untuk apa pun yang bisa dibayangkan. Dari daftar yang berhasil dihimpun, setidaknya ada 10 mall terbesar di dunia berdasarkan jumlah "Leasable Area Bruto". 

Sementara ledakan bangunan di Asia, dimana tanah yang murah dan biaya tenaga kerja yang rendah telah diproduksi menjadi pusat perbelanjaan terbesar, hanya dua dari daftar 10 besar mall termegah di dunia yang terletak di luar Asia.

1. New South China Mall (6,46 juta kaki persegi)
New South China Mall di Dongguan, Cina, adalah mal terbesar di dunia berdasarkan leaseable area kotor. Mal ini memiliki tujuh zona meniru kota internasional termasuk replika Arc de Triomphe dan sebuah kanal dengan gondola. 

Ia juga memiliki roller coaster indoor-outdoor, dan apa yang tidak dimiliki adalah pelanggan. Sejak dibuka pada tahun 2005, mal menderita kekurangan penghuni luar biasa. 

Sebagian besar ruang ritel tetap kosong, dengan lebih dari 99 persen toko kosong. Satu-satunya daerah yang diduduki mal berada dekat pintu masuk Barat dimana beberapa rantai makanan cepat saji berada, dan karena hal itu, mall ini telah dijuluki mal 'hantu' terbesar di dunia.

2. Golden Resources Mall 2 (6,0 juta kaki persegi)

Ukurannya sebesar 1,5 kali Mall of America, dan Golden Resources Mall di Cina adalah yang terbesar di dunia belanja mal 2004-2005. Meskipun pengembang mal awalnya memperkirakan mall akan dikunjungi 50.000 pembeli sehari, pada 2004 jumlah sebenarnya jauh lebih kecil, sedikitnya 20 dalam satu jam. 

Salah satu masalahnya adalah karena harga barang-barang yang dijual jauh melampaui kemampuan beli warga Cina pada umumnya. Sementara hambatan lain adalah tidak dapat diaksesnya Shopping Mall oleh konsumen asing karena lokasinya di luar jantung kota Beijing.

3. CentralWorld (4,62 juta kaki persegi)

Dibuka pada tahun 1990, CentralWorld adalah bangunan delapan lantai di Bangkok, yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Thailand. Mall ini dipasarkan sebagai pusat perbelanjaan kelas menengah, bertentangan dengan Paragon Siam, yang dikhususkan bagi kalangan atas. 

Pada tanggal 19 Mei tahun 2011, CentralWorld merupakan salah satu dari banyak bangunan yang terbakar oleh pemrotes anti pemerintah. Api berkobar selama dua hari dan membuat department store Zen runtuh. Setelah berbulan-bulan mengalami perbaikan, kompleks perbelanjaan dibuka kembali pada tanggal 28 September 2011, dengan 80 persen dari ruang ritel terbuka untuk bisnis.

4. SM Mall of Asia (4,2 juta kaki persegi)

The SM Mall of Asia di Metro Manila, Filipina, dibuka pada tahun 2006, terdiri dari empat bangunan dihubungkan oleh jalan setapak. Ini fitur trem 20-seater yang mengambil pembeli di sekitar dasar mal. 

Salah satu atraksi utama mal adalah sebuah teater IMAX dengan salah satu layar terbesar di dunia 3D. Mal ini juga dilengkapi dengan arena ukuran Olimpiade es skating. Hal ini dapat mengakomodasi kedua figur skating rekreasi dan kompetitif, serta hoki es.

5. Dubai Mall (3.770.000 sq ft)

The Dubai Mall adalah bagian dari Burj Khalifa kompleks, struktur buatan manusia tertinggi yang pernah dibangun. Pada lebih dari 12 juta kaki persegi (setara dengan ukuran lebih dari 50 lapangan sepak bola), maka Dubai Mall adalah pusat perbelanjaan terbesar di dunia berdasarkan luas total tetapi tentang ukuran yang sama dengan Mall West Edmonton jika berdasarkan ruang leaseable. 

Mal berisi lebih dari 1.200 toko termasuk toko permen terbesar di dunia, gelanggang es, pusat permainan SEGA (menampilkan permainan bowling 3D), sebuah hotel mewah bintang 5, 22 bioskop layar ditambah 120 restoran dan kafe. Mal ini juga mengandung salah satu akuarium terbesar di dunia.

6. West Edmonton Mall (3.770.000 sq ft)

The West Edmonton Mall di Edmonton, Alberta Kanada, adalah pusat perbelanjaan terbesar dari tahun 1981 sampai 2004 dan saat ini merupakan mal terbesar di Amerika. 

Selain 800 toko dan jasa, mal termasuk taman hiburan indoor terbesar di dunia, Waterpark indoor terbesar di dunia dan Istana Es (versi skala bawah dari gelanggang es NHL berukuran peraturan, sehingga tidak yang terbesar di dunia). Hiburan lainnya adalah kursus 18-lubang golf miniatur, bioskop dan arena bowling.

7. SM Megamall (3,6 juta kaki persegi)

Dibuka pada tahun 1991, SM Megamall adalah salah satu mal terbesar di Filipina. Mal menarik lalu lintas pejalan kaki harian 800.000 orang dengan kapasitas maksimal 4 juta orang. 

Mal ini memiliki dua bangunan utama. Gedung A bioskop fitur, bowling, pengadilan makanan dan Kerajaan Toy. Gedung B fitur toko-toko ritel. Para Bridgeway menghubungkan dua bangunan utama mal berisi beberapa restoran. SM Megamall saat ini sedang dalam renovasi besar dan ekspansi. Setelah selesai, maka akan dapat mengklaim judul utama dari pusat perbelanjaan terbesar di Filipina.

8. Istanbul Cevahir (3,47 juta kaki persegi)

Terletak di sisi Eropa Istanbul di Turki, Pusat Belanja dan Hiburan Cevahir  dibuka pada tahun 2005. Ini adalah pusat perbelanjaan terbesar di Eropa. Ada 343 toko, 34 restoran makanan cepat saji dan 14 restoran eksklusif di pusat perbelanjaan. Fasilitas lainnya termasuk panggung besar untuk event, 12 bioskop, ruang bowling, roller coaster kecil dan beberapa fasilitas hiburan lainnya.

9. Berjaya Times Square (3.440.000 sq ft)

Terletak di Kuala Lumpur, Berjaya Times Square adalah kompleks menara kembar yang berisi sebuah pusat perbelanjaan dan dua hotel bintang lima. Dengan 7,5 juta kaki persegi (700.000 m²) luas lantai dibangun saat ini merupakan gedung terbesar kelima di dunia. 

Pusat perbelanjaan mencakup lebih dari 1.000 toko ritel, 65 gerai makanan dan atraksi hiburan antara lain taman hiburan indoor terbesar di Asia, Dunia Cosmo dan pertama kalinya IMAX 2D & 3D di teater Malaysia yang terletak di Lantai 10.

10. Siam Paragon (3,22 juta kaki persegi)

Siam Paragon di Bangkok adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Thailand. Hanya CentralWorld luasnya lebih besar. Ini mencakup berbagai toko-toko khusus dan restoran serta bioskop multipleks, Siam Ocean World akuarium, Galeri Seni Thailand dan sebuah opera ruang konser. Ini juga memiliki lorong bowling besar dan pusat karaoke.


SUMBER : http://www.beritasatu.com/bisnis/47857-inilah-10-mall-terbesar-di-dunia.html

0 komentar :

Posting Komentar

Anggota ***.omamato.**

  ©Template by Blogger . Design By Tips dan Trik Blog